Pepaya California dan Jambu Bangkok Dikembangkan di Gombong

Gombong, Minggu 14 Juni 2011

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong, Kebumen memiliki terobosan guna memberdayakan perekonomian anggotanya. salah satunya melalui program Majelis Ekonomi Muhammadiyah Gombong yang mulai membudidayakan tanaman pepaya california dan jambu bangkok.

Lebih dari 750 bibit pepaya california dan 250 bibit jambu biji bangkok mulai ditanam di tanah seluas 7.000 m2 milik PCM Gombong di Dusun Purwodadi, Tambak-Banyumas.Pepaya California

Ketua Majelis Ekonomi PCM Gombong, Abdullah Afandi memaparkan, dipilihnya komoditas pepaya california karena pepaya tersebut bernilai ekonomi tinggi serta primadona diantara jenis pepaya lain di pasaran, khususnya di supermarket maupun hypermarket.

Pepaya dengan buah lonjong dan lebih kecil ini dari Amerika Tengah dan daerah Karibia dapat tumbuh subur sepanjang tahun dan pohon pepaya nya lebih pendek dibanding jenis pepaya lain, paling tinggi sekitar 2 meter. Daunnya berjari banyak dan memiliki kuncung di permukaan pangkalnya. Buahnya juga berkulit tebal dan permukaannya rata, dagingnya kenyal, tebal dan manis rasanya yang berbobot berkisar antara 600 gram sampai dengan 2 kilogram.

Adapun rencana tindak lanjut Majelis Ekonomi akan memberikan penyuluhan kepada seluruh warga Muhammadiyah hingga tingkat ranting untuk dapat menjadi wirausahawan. Kegiatan itu merupakan gerakan 100 hari pertama sejak dilantiknya pengurus PCM Gombong periode 2011-2015.

(Sumber: Suara Merdeka)